Ketegangan Di Timur Tengah Picu Harga Emas Yang Kian Melonjak

Ketegangan Di Timur Tengah Picu Harga Emas Yang Kian Melonjak
Harga Emas – Harga Emas dunia kini tengah melonjak sebagai dampak dari nilai tukar dollar yang kian melemah terhadap mata uang negara lainya. Hal tersebut dapat dipastikan, mengingat gerak dari Harga Emas dengan nilai tukar dollar memang berjalan secara berlawanan. Yang artinya, jikalau dollar melemah secara tidak langsung emas yang dihargakan dalam dollar tentu akan menjadi lebih murah untuk para investor.

Selain itu, ketengangan yang kini tengah terjadi di Timur Tengah serta melemahnya pasar saham China juga ikut menjadi salah satu faktor yang membuat Harga Emas kembali melonjak pekan ini. sentimen negatif tersebut secara tidak langsung memicu permintaan untuk logam mulia.

Harga Emas untuk pengiriman bulan Februari bahkan diperkirakan akan naik hingga 1,4 persen menjadi USD 1.075,20 per ons di divisi Comex. Angka tersebut adalah merupakan angka tertinggi sejak tanggal 24 Desember 2015 silam. Sedangkan harga perak untuk pengiriman Maret, juga naik hingga mencapai 0,3 persen menjadi US$ 13,841 per ons.

Sementara itu direktur CMC Markets, Colin Cieeszynski mengatakan. Jika peningkatan Harga Emas tersebut memang benar didasari dari ketegangan antara Iran dan Arab Saudi, hal tersebut seiring dengan modal yang beralih ke emas.

Eksekusi yang dilakukan oleh negara Arab Saudi kepada ulama Syiah, ternyata telah menyulut ketegangan dengan negara tetangga mereka yakni Iran. Dengan ketegangan gobla yang bertambah panas tersebut rupanya menjadi pemicu permintaan emas yang dinilai sebagai aset Safe Haven,sebab Arab Saudi juga telah memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Iran.

Arab Saudi yang merupakan Negara Islam dengan Mayoritas Sunni, diketahui memang memutuskan hubungan diplomatiknya dengan negara Iran yang beraliran Syiah. Hal tersebut dilakukan setelah adanya para demonstran di Teheran yang mengobrak-abrik kedutaan Arab Saudi, menyusul terkait dieksekusinya Nimr al-Nimr.

Adel al-Jubeir selaku menteri luar negeri Arab Saudi mengatakan, jika diplomat Iran sendiri diberikan waktu dua kali 24 jam untuk meninggalkan negara tersebut. lantas, pemerintah Iran pun melayangkan pemerintah Arab Saudi bahwa mereka akan menghadapi konsekuensi atas tindakan yang dilakukan pihaknya tersebut.

Ketegangan Di Timur Tengah Picu Harga Emas Yang Kian Melonjak

Harga Emas Melonjak Akhibat Ketegangan Di Negara Timur Tengah

Sementara itu, penghentian sementara perdangan di China yang diakhibatkan dari jatuhnya bursa saham juga menimbulkan pengaruh terhadap dunia pemasaran. Data manufatur yang merosot dari China bahkan kini tengah menambah kekhawatiran terhadap perekonomian Global.

Seperti yang diketahui sebelumnya, data manufaktur China yang pada bulan November lalu di level 48,6 kembali turun menjadi 48,2. Angka yang masih berada dibawah 50 tersebut menunjukan kontraksi ekonomi yang sedanbg berlangsung. Di sisi lainnya, data manufaktur AS juga ikut melemah dengan indeks yang turun menjadi 48,2 persen pada bulan Desember 2015 silam.

Ketegangan di Timur Tengah, serta penurunan indeks manufaktur China yang membuat saham AS anjlok tersebut. Tentu akan kian membantu mendorong permintaan investasi kepada emas serta perak.

Co-Editor The 7:00 Report Tyler Richey mengatakan, prospek Harga Emas masih dalam tren menurun. Hal tersebut didorong bank sentral AS yang akan terus meningkatkan suku bunga acuannya pada tahun ini.
Ia juga menuturkan, tren Harga Emas akan masih tertekan bila level resistance dapat ditembus USD 1.080 secara teknikal. Bukan hanya Harga Emas serta perak yang tertekan, harga tembaga tentunya juga akan merasakan imbasnya. Harga tembaga melemah 2,6 persen menjadi USD 2.0795 per ponnya.

Baca Juga : http://smeaker.com/nasional/9026/inilah-dp-bbm-buat-kamu-yang-memang-nasionalis-peringati-hari-pahlawan-10-november/ 
Description: Ketegangan Di Timur Tengah Picu Harga Emas Yang Kian Melonjak
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 6:23 PM
TOP