Kecanggihan Gedung Mewah milik KPK Terbaru yang telah Diresmikan Presiden Jokowi

Ini Dia Kecanggihan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Intip Yuk.!

Barita Nasional Terbaru – Belum lama ini tepatnya pada tanggal 29 September 2015 Presiden Jokowi telah meresmikan Gedung Baru yang dijadikan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gedung baru kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut memiliki fitur canggih dengan teknologi masa kini.

Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki desain luas yang lebih dibandingnkan dengan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lama. Letak gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini tak jauh dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lama, hanya berjarak sekitar setengah kilometer saja antara keduanya.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahadjo menuturkan dalam sambutannya pada acara peresmian gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), “Gedung ini dirancang menjadi smart building, green building, dan secure building,” Selasa (29/12/2015) dicomot dari Tempo.co.id.

Dalam keterangannya Agus Rahardjo menuturkan bahwa gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini memiliki 3 konsep yang telah disematkan pada konsep smart yaitu penghematan daya listrik untuk penggunaan gedung, hal itu digunakan karena dalam gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru ini sudah menggunakan teknologi pendingin ruangan yang menggunakan sensor gerak dan juga tergantung pada aaktivitas yang sedang dilakukan dalam ruangan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Agus Rahardjo menambahkan, “Diharapkan, konsep ini menjadi contoh bagi yang lain dalam hal membuat gedung yang efisien terhadap penggunaan listrik dan tenaga surya,”

Disamping dengan penggunaan konsep smart pada gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah disematkan fitue keamanan terintregasi. Sistem keamanan tersebut meliputi kamera pengawasan, pengontrolan terhadap akses masu, pengawasan berkeliling gedung, manajemen pengaturan jumlah pengunjung, dan juga gadung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru ini mampu kendalikan seluruh aktifitas peralatan yang ada pada gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut.

“Dengan konsep smart, pemakaian pendingin ruangan dan listrik juga lebih hemat karena menggunakan sensor gerakan dari manusia di dalam gedung,” imbuh Agus Rahardjo.

Selanjutnya untuk konsep green atau penghijauan, gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini lebih memanfaatkan penggunaan energi yang ada disekitar dari gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu saja. Eneergi sekitar yang dapat digunakan antara lain ialah seperti penggunaan air hujan sebagai air untuk menyiram taman dan tanaman yang ada di sekitar gedung, selain itu air hujan juga sebagai air keperluan toilet.

Agus juga mengimbuhkan bahwa, “Untuk secure building, memang masih belum optimal. Gedung ini didesain agar hanya orang yang berhak saja yang bisa masuk ke dalam,”

Kemudian untuk konsep keamanan, gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini sudah dilengkapi dengan pemeriksa kartu identitas yang terletak pada ruangan khusus pada gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini. Sistem keamanan ini hanya mampu memeriksa satu persatu anggota dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ingin memasuki gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ruang terperiksa juga terhubung dengan layar di ruang lain sehingga saat pemeriksaan berlangsung, transkrip wawancara sudah bisa dibuat saat itu,” ujarnya.


Selanjutnya untuk bangunan disamping gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah dibangun penjara untuk rumah tahanan bagi para koruptor dengan kapasitas tahanan sebanyak 50 orang. Dimana 50 ruang tersebut dibagi menjadi dua bagian berdasarkan jenis kelamin, 40 orang untuk koruptor laki-laki, dan juga 10 ruang untuk 10 orang wanita pelaku korupsi. Ruang tahanan para koruptor pada gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki luas 3 x 2 meter persegi. 
Description: Kecanggihan Gedung Mewah milik KPK Terbaru yang telah Diresmikan Presiden Jokowi
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 11:29 PM
TOP